31 Okt 2011

Pengistilahan Periferal

§  Casing : Kotak tempat mesin komputer (motherboard dan pendukungnya, power supply, disk drive, harddisk, CD Rom drive) yang melindungi motherboard yang mirip seperti kerangka sebuah PC pada komputer.
§  CD ROM Drive : Alat pemutar CD ROM yang sebagai untuk perekam atau memainkan compact disk, yang sering dijumpai pada PC biasanya.
§  Hard disk : Media Penyimpanan data berkapasitas besar.
§  Keyboard : Papan kunci / papan ketik pada komputer.
§  Power Supply : Suatu rangkaian elektrolit yang berfungsi sebagai pencatu daya / pemberi sumber tegangan / arus pada perlatan.
§  RAM : Random Access Memory, memori yang dapat dibaca dan ditulis. informasi akan hilang jika komputer mati.
§  DRAM : Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulis.
§  VRAM : Video Random Access Memory (VIDEO RAM) tipe spesial dari DRAM yang memungkin akses direct high speed memory melalui sirkuit video.
§  DMA  : Direct Memory Access. Akses memori secara langsung. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses pengaksesan memori secara langsung. Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.
§  Disk cleaner : cairan yang digunakan untuk membersihkan head pada diskdrive.
§  Floopy drive / diskdrive : merupakan komponen komputer yang digunakan untuk penggerak floopy atau disket sebagai media penyimpan data.
§  Scandisk : adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file sistem.
§  Disk defragmenter : tool yang digunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk.
§  VGA card : komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam layar monitor.
§  CPU : Komponen ini merupakan otak dari komputer, kecepatan dan kecerdasan prosessor
tergantung dari kecepatannya.
§  Motherboard : merupakan tempat dari semua komponen komputer terpasang.
§  Expansion card : m e rupakan komponen tambahan yang terpasang pada komputer.
§  Heatsink : Pendingin
§  USB : Universal Serial Bus. Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB.
§  Disk : Suatu media penyimpanan data.
§  Drive : Pintu, penggerak disk.
§  Disk defragmenter : tool yang digunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk.
§  Beep :  bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses post atau pada saat ada kesalahan/gangguang tertentu. Suara yang muncul melalui speaker komputer, umunya menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.
§  BIOS  : Basic Input Output system . Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.
§  Bus  : Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis. Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
§  Cache Memory:Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.
§  CGA  : Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.
§  Clock  : Jam/pewaktu. Rangkaian pembangkit frekuensi. Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.
§  CMOS  : Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.
§  CRT  : Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.
§  EGA  : Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA.
§  Head  : Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yang berfungsi untuk membaca atau menulis.
§  LSB  : Least Significan Bits. Unit terkecil dari informasi dalam suatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer suatu informasi disusun dalam 8 bit atau 1 byte.
§  MPU  : Micro Processor Unit. Sama dengan CPU.
§  Paterrn  :  Kelompok data dalam satu kesatuan pada memory RAM, umumnya 1 byte = 8 bit.
§  PIC  : Programmable Interupt Controller. Kendali sela terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal. Alat pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan.
§  POST  :  Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untuk bekerja dengan baik
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar