15 Okt 2011

Membaca Cepat

      Setiap hari berbagai buku, majalah, dan surat kabar yang berisi informasi penting atau berita di terbitkan. Begitu banyak informasi yang tersedia dan harus kita baca untuk memperluas pengetahuan kita. Untuk itu, kita harus memiliki kemampuan membaca cepat agar lebih banyak informasi dan pengetahuan yang kita peroleh.
      Membaca adalah kegiatan yang mengerahkan sejumlah tindakan meliputi kemampuan mengamati, mengerti, dan mengingat isi tulisan. Kegiatan membaca melibatkan mata dan pikiran. Pemahaman dan kecepatan membaca bergantung pada kecakapan kita dalam menjalankan kedua organ tubuh tersebut.
      Ketika melakukan kegiatan membaca cepat, pemajaman anda akan cepet pula. Tidak hanya banyaknya kata yang kita peroleh, tetapi yang lebih penting lagi adalah kita paham terhadap isi bacaan.
     Pembaca yang efisien dapat mengatur kecepatan membaca sesuai dengan keperluannya. Untuk keperluan mengenal bahan akan dibaca atau mencari jawaban atas pertanyaan tertentu serta untuk menemukan gagasan umum dari suatu bacaan, diperlukan teknik membaca cepat yang disebut teknik layap (Skimming) danteknik pindai (scanning)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar